Mengatasi Printer Canon IP2770, MP237, MP258 Papper Jam

Siang semuanya,
Siang ini saya ada repair Printer IP2770 dengan masalah ketika di hidupkan, printer mengeluarkan notice bahwa printer Papper Jam diji diliat di layar komputer ketika perintah Print dijalankan. Atau jika di di printer ada indikator lampu Led kedip2.
Langkah apa saja yang bisa kita ambil untuk mengatasi masalah ini ? Ayo kita belajar bersama langkah-langkah untuk perbaikan :

  • Bongkar Printer IP2770
  • Lihat pada sekitar sensor kertas adakah kertas yang mengganjal atau barang laen yang mengganjal atau tuas sensor patah yang mengakibatkan sensor terbuka sehingga printer menganggap bahwa ada kertas di dalam printer atau istilahnya Paper Jam.
  • Jikai hal tersebut di atas tidak terjadi, ada kemungkinan komponen sensor rusak. 
  • ASF sensor ada 2 buah, itu bisa rusak salah satu atau keduanyaa, peringatan pada komputer sama yaitu Papper Jam.
  • Untuk mengganti komponen sensor ini kita harus mengerti teknik lepas pasang komponen elektronika, yang biasa service elektronika pasti bisa.
  • Jika kita kesulitan atau tidak punya perangkat solder, kita bisa kanibal dengan printer yang masih bagus 1 unit ASF sensor bentuknya bisa dilihat di Gambar.
Sekian semoga bisa membantu.
Catatan bagi yang ahli elektronika, sensor bisa dibeli di toko elektronika sering disebut optocopler, dudukan bisa berbeda tp cari yang mirip, saya buktikan bisa dipakai walau kedua sisi saya potong.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com