Memperbaiki Motherboard CPU Mati Total

Penggunaan Komputer sekarang ini sudah begitu besar, disamping untuk penggunaan pribadi ataupun penggunaan perkantoran, dari penting, senang-senang, hiburan, edukasi, sampai iseng belaka.
Hampir 100% perkantoran sekarang menggunakan fasilitas komputer untuk administrasi yang dahulu masih menggunakan manual ataupun mesin ketik.
Dari banyaknya penggunaan komputer, masalah pun akan semakin banyak terjadi yaitu kerusakan perangkat komputer, baik CPU, Monitor, Printer dan perangkat lainnya.

Kita bahas dari kerusakan CPU Mati total 
CPU mati total ini penyebabnya banyak sekali kemungkinannya, untuk memastikan masalahnya kita harus menelusuri satu demi satu langkahnya.
Pertama
Kita harus pastikan jala-jala/ arus listrik masuk pada CPU/Power Supply dengan cara pastikan kabel listrik ke PLN dalam kondisi baik. Bisa dengan mengecek dengan multitester kalo ada, bisa juga dengan hanya memperhatikan saat kabel PLN dimasukan biasa ada suara/percikan api pada konektor/stop kontak listirik. Perlu diingat jangan sampe anda mengecek arus listrik PLN dengan tangan anda itu sangat Berbahaya.
Kedua
Setelah kita memastikan bahwa arus listrik dari PLN masuk pada CPU/Power Supply CPU ternyata ketika tombol power CPU blm ada reaksi atau CPU blm nyala, kita cek kondisi Power Supply.
Cara pengecekannya, kita lepaskan semua konektor dari power supply yang menuju motherboard, hardisk, CDRoom dan lainnya. Kemudian perhatikan pada konektor Power Supply yang isinya 20pin-24pin disitu kita jumper kabel hijau dan hitam. Jika setelah jumper kita lakukan ternyata Indikator Kipas pada power supply tidak berputar kemungkinan power supply rusak, tapi sarannya saya, coba beri beban misalnya dengan masukan konektor pada cdroom, kalo jumper dilakukan kipas tidak muter, cd room juga tidak menyala bisa dipastikan Power Supply Rusak. Ganti Power Supply Kemungkinan besar Trouble CPU mati sudah diselesaikan.
Ketiga
Setelah kita pastikan Power Supply masih bagus, tetapi CPU masih mati, sebelum kita pastikan motherboard rusak kita coba cek tombol power cpu masih bekerja baik ataukah sudah rusak, caranya dengan melepas kabel tombol power yang menuju motherboad, kemudian konsletkan dengan ujung obeng pada pin tombol power yang ada di motherboad. jika cpu/motherboad nyala bisa dipastikan tombol power bermasalah, ganti tombol power. Tips jika tombol power susah menggantinya pindah tombol reset pada pin power pada motherboad, biasanya cpu tombol reset masih bagus karena jarang dipakai. Tapi perlu diingat sekarang CPU tombol power sudah tidak berfungsi tapi dialihkan menjadi tombol reset yang menjadi tombol Power.
Keempat
Setelah pengecekan tombol power ternyata masih bagus tapi CPU tetep tidak mau menyala, kita menuju langkah selanjutnya, lepaskan motherboad dari cashing kemudian bersihkan dengan kuas ataupun dengan blower.
Coba test motherboad di luar cashing bisa menggunakan power supply CPU sebelumnya atau biar lebih afdol gunakan power supply pada perangkat lain yang benar-benar bekerja dengan baik lebih bagusnya power supply baru.
Cek batrea Cmos kalo perlu ganti yang baru.
Cek dan pastikan jumper clear cmos pada posisi open, biasanya jumper pada posisi pin 1-2 terhubung, kalo tidak kembalikan ke posisi 1-2
Setelah dicek smuanya ternyata motherboad tetep ga mau hidup, Pastikan saja Motherboad rusak untuk memperbaiki harus menggunakan tools khusus dan kemampuan elektronik.
Untuk pengguna biasa tidak disarankan. Semoga membantu, terimakasih.

Tag: Motherboard mati total, motherboard rusak, CPU mati

0 komentar:

Post a Comment

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com