Setting VLAN dengan Mikrotik untuk menggabungkan USEETV

Telkom menawarkan internet dengan paket Indihome 3P dengan Internet, Telpon dan UseeTV dalam satu paket. Hal ini mengakibatkan beberapa rekan yang mempunyai jaringan hotspot ingin bagaimana jika UseeTV yang kita punya bisa disharing ke pelanggan mereka dengan menyatukan UseeTV ke mikrotik untuk bisa diterima lewat hotspot di sisi klien.

Bagaiaman caranya, kita ikuti langkahnya :
Mikrotik sudah dalam keadaan ready baik internet dan hotspot, kalau belum bisa gunakan  Cara Setting Mikrotik untuk speedy dan Cara Setting Hotspot.
Video Tutorialnya

Disini UseeTV sudah siap, biasanya modem dan UseeTV disetting oleh petugas dari telkom. Kita hanya memindahkan STB yg sebelumnya dari modem langsung ke STB kemudian ke TV sekarang lewat Mikrotik dan Wifi di Hotspot.

1. Masuk ke Winbox
2. Klik pada menu Interfaces, Kita bikin nama interface dengan IPTV sesuaikan port dengan port yang kita gunakan port keluaran TV dari modem Speedy

3. Masih di menu Interfaces, kita buat VLAN di interface hotspot dengan VLAN ID 2 lihat gambar
4. Masuk ke menu Bridge , add bridge misal bridge1 kemudian pada menu port kita tambahkan port IPTV dengan vlan di port hotspot 
5. Pengaturan UseeTV di mikrotik sudah selesai.

Sekarang bagaimana setting di sisi klien ?
1. Jika kita menggunakan STB dari telkom yang warna hitam, biasanya VLAN di STB sulit diaktifkan padahal menunya ada (Ga tau cacat produksi atau di lock konfigurasinya) kita harus menggunakan Mikrotik lagi sebagai router untuk membuat VLAN
2. Jika kita menggunakan STB dari telkom yang putih VLAN di STB bisa langsung daktifkan jadi kita tidak perlu menggunakan mikrotik lagi. Cukup dari port wifi langsung ke STB

Sekian Semoga Membantu

45 comments:

  1. loh ini pak dosen ta.... mantap....

    ReplyDelete
  2. bukan. ane bulan dosen. bukan guru.

    ReplyDelete
  3. Lalu untuk point setup stb nomor 2, apa konfigurasi mikrotik sama dengan yang sisi server. Kebetulan saya pakai STB yang hitam, karena posisi modem dengan stb cukup jauh apa bisa menggunakan network yang sudah ada,jadi tidak perlu memasang jalur lagi. Berikut detailnya

    Network yg sudah ada 10.10.10.0/24
    Setelah membuat vlan apa bisa saya gabungkan dengan hub yang berhubungan dengan network yang sudah ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibikin station, link sudah ada. kalo yang hitam dari pengalaman ga bisa seting vlan di stb, jadi harus bikin router lagi yg suport vlan

      Delete
  4. ane mau coba bang, langkah pertama apa yang harus saya siapkan untuk membuat jaringan seperti ini? mikrotik type apa? AP ubiquity boleh?. ip yang di dapat dari indihome statik apa publik mas?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. RB750 cukup, AP sesuaikan kebutuhan dan target jangkauan pancaran Wifi

      Delete
    2. mas cara setting switch nya yg di sisi client gimana soalnya sy sudah praktekkan semua yg ada dalam tulisan ini tapi belum bisa konek stbnya kalau pakai switch di sisi client kalau langsung ke akses poin lancar2 aja terima kasih

      Delete
  5. gan kan di indihome udah ada router bawaannya itu di replace pake mikrotik bisa ga ya? jadi ga pake modem bawaan tapi langsung ke mikrotik kira2 mungkin ga ya? kalo dari modem share ke mikrotik udah bisa saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa om, harus pake modem dulu baru ke mikrotik

      Delete
  6. Assalamualaikum

    saya ingin menanyakan cara setting jika topologinya seperti ini pak :

    Internet --> Mikrotik RB750 --> TP-LINK --> Mikrotik --> TP-LINK --> STB

    soalnya saya mau pasang STB digunung agar masyarakat terpencil bisa nonton pak, tidak hanya menggunakan internetnya

    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. distribusikan saja port use ttvnya pakai vlan bisa pakai eoip juga bisa :) sudah memenuhi syarat ada mikrotik 2 , atau bisa ngobrol dengan saya

      Delete
    2. semoga terpecahkan, sarannya kalo pake AP tplink kadang ada beberapa yang gagal pake vlan, coba pakai eoip aja sesuai saran agan Purna

      Delete
  7. mohon maaf gan, untuk STB dari telkom yang warnanya hitam, apakah sudah ada cara untuk aktifkan VLANnya?????terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm, sementara solusinya pake router

      Delete
    2. mohon pencerahannya gan bagaimana cara konfigurasi vlan pada linksys ddwrt v24sp1 aagar terkoneksi dengan useetv (ddwrt support vlan), soalnya saya dah mencoba berulang kali gagal.....sekalian setting pada mikrotiknya matur suwun

      Delete
    3. gmna gan,......mohon bantuannya...

      Delete
    4. saya belum pernah pake ddwrt, pernah pake openwrt tp belum berhasil jg

      Delete
  8. itu modemnya diseting bridge pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bridge/ppoe modem sama saja, soalnya biasanya modem indihome sudah set vlan out di port 4 untuk useetv

      Delete
  9. Mas Dwi saya sudah bisa acces usetv memakai wifi dengan topologi jaringan lan 1 modem masuk lan 1 mikrotik lan 4 modem masuk lan 2 mikrotik,semua sy bridge dimikrotik,sisi client ap mode bridge,yang mau sy tanyakan kenapa belum bisa nonton tayangan yang live ya,kalau tvod dll sudah bisa sy acces.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang paham itu loh, harusnya bisa karena sudah masuk ke server useetv

      Delete
  10. mas kalau jarak antara indihome skitar 1km, pake 2 radio tlw5210 tanpa mikrotik, radio 1 ke port 4 untk useetv 1 radio lagi ke stb, settingnya point to point bridge bgaimana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo port 4 langsung ke radio, set aja bridge with AP aja, atau radio 1 AP radio 2 client

      Delete
  11. Setting VLAN melalui Wireless http://www.sigernetwork.net/2016/11/setting-vlan-melalui-wireless.html

    ReplyDelete
  12. numpang tanya om
    internet - mikrotik - switch hub - modem netis support vlan
    saya share dengan kabel LAN, saya ngerti cara setting dimikrotiknya, tapi untuk modem clientnya ga ngerti, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya jg kurang paham, blm pernah paket netis

      Delete
  13. mau nanya mas, bagaimana cara setting wifi agar berfungsi jika dalam kondisi brigde (ip public di mikrotik), saya menggunakan mikrotik RB750r2 dan modem TP-Link TDW8951ND...terima kasih sebelumnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ralat mas, maksudnya cara setting dimikrotiknya jika modem dalam kondisi bridge.terima kasih.

      Delete
    2. sepertinya tidak bisa. kecuali modem hanya digunakan wifi nya saja, tidak digunakan sebagai modem. dr mikrotik ke modem yg dipakai wifi nya saja, pilih dhcp relay

      Delete
  14. Tanya pak, gmn cara setting agar satu SSID bisa dipake buat Internet+UseeTv langsung via wifi pake mikrotik?
    Kondisi skrg, saya buat dua SSID (1buat internet + 1Buat UseeTV). [ZTE F609].
    kalo STB (Hybrid hitam) konek ke SSID buat UseeTv maka gak bisa internetan, bgtu juga sbaliknya. Tlg dibantu utk kmbali ke prtnyaan di atas. Thks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo 2 ssid dari modem, sepertinya sulit, saya beberapa kali coba belum ketemu cara, semoga ada yg ketemu caranya

      Delete
  15. Master mau tanya,, minggu ini ane pasang indihome,, kemudian STB yang di dapat jenis Hybrid.. proyeknya adalah memindahkan STB ke rumah saya, karena saya pasang Indhome di rumah mertua (rumah ane belum terjangkau fiber, hweee),, jaringan internet c sudah jalan, setelah saya coba melewatkan jaringan useeTv dengan cara-cara yang ada, saya belum berhasil juga, bahkan kasusnya, setalah port dr STB saya masukan, internet jadi terganggu bahkan settingan radio di rumah (station) berantakan... apakah sampai sekarang belum ada cara agar STB Hybrid dari Indihome bisa di lewatkan vlan dg lancarr??
    Semoga yang berbagi ilmu selalu diberikan keberkahan dalam hidup.. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. topologi perangkatnya seperti apa

      Delete
    2. seting menggunakan STB ZTE yang hitam gimana gan?

      Delete
    3. STB hitam tidak perlu diset apa2, yang penting 2 sisi router Pusat dengan router klien sudah konek vlan dari keduanya

      Delete
    4. untuk config router di sisi client apakah sama dengan config vlan di router pusat?

      Delete
    5. pada dasarnya sama, cuma kadang konfigurasi masih2 beda, intinya kalo server, input port useetv tanpa ip, sedangkan di klient, output ke STB tanpa IP

      Delete
  16. Om. Ini untuk 1 user banyak STB atau 1 user untuk di letakan di lokasi berbeda STB nya?

    ReplyDelete
  17. Pak, mau konsultasi sedikit boleh via WA?
    saya ada re-stream USee TV jg via Mikrotik dan Ubuntu (Server Stream dan Distribusi) dan saat ini ada kendala sedikit :D

    Jika berkenan boleh WA saya ya pak di 0817.0752.888
    sekalian kita bahasa masalah maharnya nanti.

    Terima kasih

    ReplyDelete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com