Merubah Tp Link 740n v6 Jadi Openwrt

Tp link mengeluarkan router murah terbarunya yaitu TL WR740ND V6. Router ini di user umumnya sudah cukup tapi pada pengguna tertentu dirasa kurang karena difungsikan lebih tidak hanya untuk sekedar router wifi di rumah. Tapi bisa juga dimanfaatkan lebih dari sekedar router, bisa jadi AP, WISP dg beberapa penambahan fitur. Untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut pastinya tidak didapatkan dengan firmware bawaan router ini, kita harus upgrade firmware bawaan. Kalo versi awal tipe ini ada yang bisa diupgrade ke WR-743 jadi bisa langsung dimanfaatkan jadi WISP tp pada versi 6 ini saya belum menemukan firmware menjadi WR-743.

Untuk mendapatkan fasilitas WISP dan fitur lengkap lainnya, salah satu yang saya rekomendasikan yaitu dengan upgrade firmware ke Openwrt, selain gratis firmware ini sudah cukup banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi WR-740 yang terbatas.

Sekarang kita mulai untuk merubah WR740ND V6 menjadi Openwrt. Disini karena saya belum menemukan firmware yang bisa langsung berhasil ke openwrt maka kita harus memulainya dengan merubah WR-740ND menjadi WR-841ND Caranya klik disini.

Dari link tersebut router ini akan berubah menjadi WR-841ND V11 yang kemudian baru kita bisa manfaatkan untuk upgrade menjadi Openwrt. Untuk mengekseskusi firmware tersebut kita harus mempunyai firmware yang bisa kita download disini. Firmware sebenernya banyak sudah di website openwrt tapi dari beberapa belum disertakan luci, alhasil pengguna seperti saya akan sangat kesulitan ketika tanpa menggunakan luci untuk konfigurasi router. Jadi router yang saya berikan ini sudah langsung bisa kita akses luci dari browser. Jadi kita tidak perlu repot lagi instal paket luci di router openwrt yang kita upgrade, dari pengalaman router ini di upgrade ke openwrt tanpa luci, pada saat instal luci ternyata room tidak cukup, bagi saya ini pasti akan sulit. Alhamdulillah saya dapatkan firmware yang sudah ada luci di dalamnya.



Seperti biasa setelah kita dapatkan firmware openwrt+luci yang perlu pertama kita lakukan yaitu masuk webconfig tplink, selanjutnya masuk System Tools dan pilih Firmware Upgrade. Pada Choose file pilih file firmware+luci yang sudah di download, kemudian klik upgrade, langkah selanjutnya kita menunggu sampai selesai ditandai dengan reboot router tersebut.

Catatan jangan upgrade lewat wifi harus menggunakan LAN.

Sekarang router sudah menjadi openwrt, untuk melihat hasilnya kita harus akses ip 192.168.1.1 karena ini merupakan ip default dari openwrt, jika sebelumnya ip berbeda berarti kita harus pastikan ip sesuai dengan ip default openwrt.

Ringkasnya 3 Langkah 

Semoga membantu,
Update terbaru ini firmware langsung dari 740N v6 ke openwrt Download disini jadi kita tidak perlu repot2 lagi. Langsung dari Firmware 740 v6 upgrade openwrt dengan firmware ini.

3 comments:

  1. dari segi ke stabilan firmware, pilih firmware dd-wrt atau open-wrt gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sama saja, tinggal nyaman yang mana si pemakai

      Delete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com