Remote Mikrotik di belakang Modem Indihome

Internet sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok. Hal ini seiring meningkatnya aktifitas manusia di dunia maya. Dari sekedar browsing, sosial media, sarana telekomunikasi, bahkan untuk bisnis dan tak jarang untuk kegiatan yang kurang baik.
Banyak penyedia jasa Internet atau sering disebut ISP, seperti contoh yang saya akan contohkan yaitu Indihome dari Telkom, sekarang ini Indihome sudah menggunakan Fiber Optic sebagai media penyalur jaringan internet ke rumah User yang nantinya sebagai Router di tempat User. Sebenarnya pada modem Indihome sudah menjadi Router tapi pada pengguna tertentu, tidak cukup menggunakan router bawaan Modem Indihome atau sering disebut Modem GPON. 
Pada user yang menggunakan tambahan Router ada kalanya User suatu saat ingin remote router tersebut dari tempat lain melalui Internet, hal ini pasti tidak bisa begitu saja digunakan jika kita tidak bisa setting ROUTER, pada kesempatan ini kita menggunakan Router Mikrotik.

Selanjutnya bagaimana setting mikrotik agar bisa diakses dari luar jaringan ?

Setelah mikrotik dan modem bekerja dengan baik tentunya itu yang pertama harus dipastikan.

Berikutnya Saya anggap anda sudah mengetahui feature IP Cloud pada mikrotik atau Cara Setting IP Cloud

Setelah IP CLoud pada mikrotik anda sudah siap, selanjutnya masuk pada modem GPON, pada saat ini saya menggunakan GPON tipe AN5506-04-F.
Pilih Aplication kemudian pilih DMZ
Pada DMZ Enable pilih Enable, selanjutnya pada DMZ Host IP isikan IP mikrotik yang terhubung dengan GPON pada contoh karena mikrotik mengguankan IP 192.168.1.2 maka itu yang kita isikan di DMZ Host IP.

Selanjutnya kita test atau biar lebih afdol Restart Modemnya dahulu.

Remote mikrotik dibelakang GPON sudah berhasil. Selamat Berkreasi.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com