Memperbaiki Motherboard Sering Hang

Sebenarnya ga banyak teknisi yang telaten untuk mencari kerusakan dalam motherboar. Setelah dicek kemungkinan besar Motherboard rusak, langsung teknisi menyarankan kepada user untuk mengganti Motherboard dengan yang baru. Alhasil mang NYOS, CPU langsung jreng dan siap dipakai.
Semudah itukah solusinya? bagi konsumen yang yang banyak duit mungkin PNS yang gajinya besar itu bukan masalah. Tapi bagi petani atau buruh kecil yang ingin menikmati kemajuan atau hanya karena tuntutan anak di sekolah yang harus menggunakan fasilitas komputer di rumah biar menunjang pendidikan anak. Dengan segala keterbatasan keuangan, dikorbankan segalanya untuk dapat memiliki perangkat komputer. Dan setelah sekian lama perangkat komputer tersebut rusak dan sebenarnya masih bisa diperbaiki kenapa harus ganti. Disini saya sampaikan pengalaman saya yanng sebenarnya iseng pa mungkin kurang kerjaan, atau sebagai orang yang kecil yang hanya bisa menerima kebijakan2 yang memberatkan orang kecil oleh pemerintah dengan kenaikan segala macam hal, BBM, TDL, Elpiji, Minyak Tanah, Pajak dan mungkin banyak kebijakan yang kurang berpihak pada orang kecil seperti kami.
Jika anda mengalami CPU hidup tapi sering hang atau bahkan diinstal system operasi tidak selesai atau pun beberapa kali system rusak secara kontinyu :
1. Perhatikan komponen elko disekitar regulator Motherboar biasanya letaknya didekat Processor
2. Jika elko-elko tersebut banyak mengalami seperti pecah sebelah atasnya, atau kaki2nya keluar seperti bercak kuning. coba ganti elko tersebut sesuai dengan kapasitasnya nilainya berkisar 10000uf/16V, ganti yang lebih tinggi tidak masalah
3. Setelah diganti bersihkan permukaan pergantian komponen tersebut, jangan sampe terdapat ceceran timah yang bisa mengakibatkan konsleting.
Semoga pengalaman saya bisa membantu

6 comments:

  1. mantap broo...
    sy mau nanya ni bro.. MB Gigabyte P31 ny gk idup ato mati total kira2 apa sih masalah nya.. thx sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Sulit jika kerusakan MB mati, tapi perlu dicoba, cek rangkaian regulator ke processor, regulator yang 12v, sering terjadi konslet.

    ReplyDelete
  3. betul sarannya mase,mboard mati umumnya mosfet yg menuju prosessor udh shot..letak componen itu dekat suplay 12v&ditandai kembar 3 salah 1 yg mati..

    ReplyDelete
  4. satu lagi gan.. biasanya prosesor terlalu panas, biasanya salah satu penyejepit hit sink terangkat, atau thermal kurang, atau terlalu banyak debu (debunya sudah kering sehingga menutupi hit sink)

    ReplyDelete
  5. Punya saya sering ngehang layar biru. Tpi tidak ada tulisan apa2. Hanya layar biru dan bayangan putih.bmohon pencerahannya.terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. PC ku ngefreeze total bang, display keyboard nyala, mouse nyala tpi sensor mati, restart nyala sebentar ngefreeze lagi ga bisa di apa2in apa ada kerusakan di mobo ? sudah bawa ke toko komputer ram vga procecor psu katanya ga ada yg rusak, windows sudah d instal ulang tpi tetap ngefreeze tlg bantu solusi kalau ada tq

    ReplyDelete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com