Error E16 pada printer Canon MP 145, MP 198, MP258

Sudah beberapa kali Printer MP258 di oprek2 tetep ga jadi, dibeneri sistem infusnya, posisi catridge, maklum posisi catrideg MP258 jika diinfus rada sedikit ribet dengan tutup catride yang harus pas jangan sampe posisinya sangat menekan seperti catridge pada printer Lexmark Z150. Error printer MP258 tetep muncul E16 gimana solusinya ?
Ternyata sangat mudah TEKAN TOMBOL STOP/RESET Selama 5-10 DETIK sampe berhasil.
Selamat Mencoba!

ni tambahan dari blog sebelah
Baru juga sekali ganti tinta, printer multi fungsi dan murah meriah ini eror. Gara-garanya sih, tinta yang abis gw suntik. Muncullah peringatan E4 di layar. Ga bisa dipake ngeprint, ga bisa dipake fotocopy. Nganggur deh tuh printer keren.

Hasil gogling lumayan memuaskan. Banyak banget situs yang menawarkan solusi menyembuhkan error di Printer ini. Akhirnya gue coba satu tipsnya :


MERESET WASTE INK COUNTER PADA CANON MP160 DAN MP145
1. Matikan printer (kabel power masih tercolok), tekan dan tahan tombol STOP/RESET kemudian tekan tombol ON/OFF dan lepas STOP/RESET
2. Tahan tombol ON/OFF, tekan tombol STOP/RESET 2x
3. Lepaskan kedua tombol dan printer akan masuk ke SERVICE MODE (muncul angka NOL)
4. Printer akan charging
5. Setelah printer selesai charging, tekan tombol STOP/RESET 4x.
6. Setiap kali tombol STOP/RESET ditekan, lampu ON/OFF akan berubah warna hijau dan oranye.
7. Tekan tombol ON/OFF 1X, angka berubah ke SATU (1)
8. Matikan printer dan cabut kabel POWER.
9. Hidupkan kembali printer

Kode Error Canon MP160 dan MP145
E2-2 = No paper (ASF)
E3-3 = Paper jam
E4 = No ink
E5-5 = The ink cartridges are not installed or a non-supported ink cartridge is installed, or the ink cartridges are not installed properly
E8 = Waste ink absorber full, or platen waste ink absorber full
E9 = The connected digital camera / video camera does not support Camera Direct Printing
E14 = The Ink cartridges whose destination are wrong
E15 = Ink cartridge is not installed E16 - Ink remaining is unknown
E16 -E19 = Failed to scan head alignment sheet
E22 = Carriage error
E23 = Paper feed error
E24 = Purge unit error
E25 = ASF(cam) sensor error
E26 = Internal temperature rise error
E27 = Waste ink absorber full or platen waste ink absorber full
E28 = Ink cartridge temperature rise error -
E29 = EEPROM error
E33 = Paper feed position error
E35 15 = USB Host VBUD overcurrent error - USB
E37 17 = Abnormal motor driver error
E40 20 = Other hardware error
E42 22 = Scanner error

pencat pencet, kok ga ada perubahan yah? pasti mentok di langkah 3. ga ada angka nol di layar. Wong layarnya gelaaapp!! Beberapa kombinasi yang kepikir, gw coba. Dan tetap saja. TIDAK BERHASIL..!!! Kampret!!!

Gogling lagi, dan akhirnya nyasar ke website ini, dengan solusi yang SANGAT SEDERHANA :

“TEKAN TOMBOL STOP/RESET PADA PRINTER MP145 SELAMA 5 DETIK, JIKA MASIH MENDAPATKAN PESAN ERROR KEMBALI… COBA LAGI UNTUK MENEKANNYA KEMBALI SELAMA 5 DETIK.”

and.. BERHASIL..!!!!

silakan dicoba deh.. hehehe...

9 Responses to "Error E16 pada printer Canon MP 145, MP 198, MP258"

  1. ma kasih mas atas infonya soalnya saya liat diblog lain caranya rumit amat malah nggak berhasil

    ReplyDelete
  2. makasih mas,..berhasil ngeprint

    Tp, risih ngeliat lampu kuning black ink masih nyala, tinta hitma kagak kedetek,..

    Gmn solusinya ya?

    ReplyDelete
  3. Berhasil ngeprinta tapi tinta hitam ga kedetek? Kalo buat ngeprint masih bisa abaikan saja, kalo muncul low ink, itu bukan masalah

    ReplyDelete
  4. solusinya mantap bro... ga pake aneh2 tahan stop/reset 5detik... and viola... printer sehat kembali. thx's

    ReplyDelete
  5. makasihhhhhhhh banyak,,,solusinya topcer banget,,,,kepala udah pusing ikuin cara2 panjang2 tapi gak ampuh jugaaa

    ternyataaaa,,,,thanks a lot ^^

    ReplyDelete
  6. thanks bantz mas.....BERHASIL.....Top Deh

    ReplyDelete
  7. ma kasih bro....

    ReplyDelete
  8. keren banget dah..
    liat di yang laen pusing ga berhasil berhasil, eh taunya solusinya sederhana banget

    ReplyDelete