Service LCD LG Flatron L1510S Mati


Kemaren ada yang service monitor LCD, 2 orang dengan masalah Philips lampu on ga bisa dimatikan, pesan eror no signal pada display udah saya cek ganti kabel dll tetep ga jadi, sehubungan ni monitor masih dalam masa garansi. Disarankan saja untuk hubungi toko penjual. Perkiraan saya itu LCD Logic Boardnya untuk masih garansi. Tak berselang lama, ada satu orang lagi datang dengan penuh kecemasan, LCD LG Flatron L1510S mati total, sesuai dengan beberapa artikel yang saya baca dikatakan itu mudah hanya bagian power supply yang rusak 3 elco yang menggelembuh. Dengan perasaan yakin seyakin2nya mungkin ini mudah.
Dengan bismillah saya mulai mengerjakan monitor ini
Pertama, lepas semua baut, ada 4 baut, 2 baut untuk stand-nya, 2 baut lagi terletak di pojok bawah monitor, kemudian disini bekerja keraslah untuk membuka cashing, dengan susah payah akhirnya terlepas walo "maaf clien monitor anda banyak cacat" cashing monitor ini menggunakan pengait sepanjang sisi jadi kita harus mencongkel dengan obeng pipih, usahakan paling tipis, biar meminimalisir cacat. Picture ga sempet diambil, kebetulan ga ada camera untuk mengambil obyek.
Kemudian buka plat logam yang sehingga terlihatlah bagian powersupply+inverter, logic board di atas papan lcd.Lepas bagian power supply yang intergrasi dengan inverter lepas semua kabel.
Perhatikan pada bagian elco C202, c203, c204 nilainya sama yaitu 470uf/25v jika kelihatan menggelembung ganti ketiga elco tersebut dan dari beberapa rekan mengatakan pekerjaan ini sudah selesai. tapi pada kasus saya ternyata ketiga condensator tersebut tidak ada tanda2 menggelembung, untuk menjaga segala kemungkinan ketiga condensator tersebut tetep saya ganti. tidak yakin dengan pergantian tersebut, saya melanjutkan pengecekan pada keluaran output yang mungkin untuk switching start on, sebelum condensator tersebut ada 2 dioda LT 304 saya cek ternyata pada diode untuk tegangan 12v tidak terjadi masalah, pada pengukuran dioda kedua ternyata dioda tersebut bocor. tak pikir panjang saya mencari penggantinya sehubungan dioda persis seperti itu ga ada. saya ganti dengan dioda 3A.
Setelah semua terpasang dengan rapi, besihkan bekas solderan untuk menjaga biar ga ada konsleting.Pasang pada tempatnya board powersupply ini.jangan lupa pasang kabel lampu ke inverter dan tutup plat logamnya, tutup chasingnya, standya jangan lupa ada 4 baut yang harus dipasangkan kembali.
Tes monitor ini di CPU jika semua berjalan dengan baik Insya Alloh Monitor menyala dengan terang.
Semoga membantu, Replynya yah

3 comments:

  1. kondensatornya yang mana pak letak kedua dioda tersebut? tq

    ReplyDelete
  2. Letak dioda dan kondensator tidak terlalu jauh disekitar panel output tegangan. Insya Alloh ga bingung karena komponennya ga terlalu banyak

    ReplyDelete
  3. Mau tanya, kalau power supply terbakar bisa diganti nggak? Untuk LCD LG 17" harganya berapaan ya?

    ReplyDelete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com